
Generasi ketujuh Honda Civic terdiri dari empat model yaitu Civic Si Coupe, Civic Hybrid, Civic Sedan dan Civic Coupe. Sementara di Eropa juga ada Civic Hatchback. Tulisan dibawah ini lebih fokus pada Civic Sedan yang bakalan dipasarkan juga di Indonesia.
Honda menyebut fitur Civic Sedan dan Coupe sangat lengkap dan didukung teknologi canggih. Diantaranya adalah sistem safety termutakhir yang dirancang secara ekslusif oleh Honda, Advanced Compatibility Engineering. (ACE) Body Structure dipadu dengan side curtain airbags, dual side airbags dan ABS. Ditambah disain eksterior yang impresif seirama interiornya yang stylish. Highlight lain adalah powertrain (mesin plus transmisi) baru yang hasil eksplorasi lanjut teknologi i-VTEC.
Dimensi
Civic Sedan memiliki dimensi berbeda dari pendahulunya, lebih lebar dan lebih rendah yang membuatnya terlihat keren, futuristik sekaligus meningkatkan kualitas pengendaraan dan handling.
Dibandingkan Civic yang beredar di jalanan saat ini, 2006 Civic Sedan lebih panjang 35.6mm, hingga panjang keseluruhan menjadi 4,490mm dan bertambah lebar 38.1mm menjadi 1,750mm. Panjang wheelbase-nya kini 2,700mm atau naik 81.3mm, sementara overhang (jarak antara poror roda dengan bumper) belakang dipotong 78.7mm dan overhang depan lebih panjang 45.7mm. Tingginya dipangkas 5.1mm. Jarak pijak roda depan (jarak antara roda depan kanan dan kiri/track) lebih lebar 27.9mm menjadi 1,500mm sedangkan jarak pijak roda belakang 55.9mm lebih lebar jadi 1,530mm. Dan bobotnya naik 5%, sebuah harga yang wajar untuk penambahan fitur yang cukup banyak.
Civic dibangun diatas platform baru, Global Compact Platform yang mengaplikasikan teknologi baru untuk meningkatkan safety, rigiditas, kenyamanan berkendara, dan kabin lebih senyap. Dengan kandungan baja berkekuatan tinggi hingga lebih dari 50% dan rekayasa struktural baru, rigiditas menikat 35 persen. semakin tinggi rigiditas, mobil semakin lincah. Konsep disain eksteriornya adalah 'Advanced Personal Compact' yang ditandai lekukan atap dan kaca depan sangat landai, rebah, lebar, dan peforma aerodinamis yang tinggi.

Powertrain
Mesin Civic Sedan adalah mesin baru berkapasitas 1.8 liter i-VTEC empat silinder yang memproduksi 140hp pada 6,300rpm dan torsi 128 lb-ft pada 4300rpm. Mesin baru ini menawarkan torsi lebih besar pada putaran mesin lebih kecil. Mesin baru ini dipasangkan dengan 5-speed automatic transmission baru.
Mesin baru ini meminimalkan pumping losses saat menjelajah dan situasai lain dimana beban kerja mesin rendah. Ini menjadi faktor penting yang membuat mesin ini lebih efisien. Pumping losses dikurangi ketika variable valve timing memungkinkan intake valve untuk tetap terbuka beberapa saat saat piston mulai melakukan langkah kompresi. Dengan menahan katup masuk tetap terbuka selama beberapa saat, ketika langkah kompresi, sebagian campuran udara/bensin terdorong keluar kembali ke intake manifold dan menurunkan volume yang di kompresi.
Pada kondisi jelajah, dimana beban mesin ringan, mesin memerintahkan satu katup masuk ditutup dan memundurkan timing katup, secara aktual ini mengurangi masuknya udara. Sementara itu, throttle valve dibuka lebih lebar untuk mendapatkan kontrol optimum terhadap output mesin. Membuka katup throttle lebih lebar, -artinya melempengkan jalan aliran udara- mengurangi pumping losses yang berdampak pada perbaikan efisiensi mesin. Hasil pengurangan pumping losses adalah konsumsi bahan bakar setara mesin 1.5 liter.
Pada kondisi beban puncak, VTEC sistem menyediakan valve timing untuk maksimum power. Valve timing normal digantikan yang lebih ekstrim. Air intake dua tahap, powertrain ringan dan optimasi gearing menambah karakter performance mesin ini.
Bila VTEC tradisional beroperasi mengubah durasi bukaan katup berdasarkan tekanan oli tinggi selama putaran mesin tinggi, mesin ini dapat mengubah durasi timing pada putaran mesin rendah dan tekanan oli rendah menggunakan dua actuator hidrolis pada kedua sisi intake rocker arm. Metode ini serupa dengan Accord Hybrid dan Odyssey i-VTEC.
Dua pilihan transmisi, 5-speed MT dan 5-speed AT yang dikontrol secara elektronis. Gearbox 5-AT ini menggantikan 4-AT yang digunakan Civic generasi ke enam. Dengan overall ration lebih lebar memaksimalkan akselerasi dari gear satu hingga empat dan memaksimalkan efisiensi bahan bakar dengan overdrive (putarannya lebih cepat dari putaran mesin) di gear lima. Kontrol komputer membuat perpindahan gigi terasa halus, juga melepaskan power pada saat yang tepat.
Transmisi 5-MT dirancang berbobot ringan dan kompak, juga ringan dan cepat perpindahan giginya. Keunggulan lain adalah low friction karena ada satu cone synchronizers pada semua gear. Dari sisi peformance, transmisi manual ini memiliki kapasitas torsi lebih besar.
No comments:
Post a Comment